Home Politik Bupati Purworejo, Yuli Hastuti Siap Bertarung di Pilkada 2024

Bupati Purworejo, Yuli Hastuti Siap Bertarung di Pilkada 2024

Purworejo, Gatra.com - Bupati sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Hj Yuli Hastuti menyatakan siap untuk bertarung dalam Pilkada Serentak yang akan digelar 27 November 2024 mendatang.

Penegasan itu ia sampaikan pada kegiatan Pendidikan Politik dan Rakordes Partai Golkar Kabupaten Purworejo di Gedung Jati Indah, Senin (24/06). Selama ini, Yuli Hastuti belum pernah menyatakan secara tegas di muka umum apakah ia akan maju atau tidak dalam kontestasi pemilihan Bupati/Wakil Bupati Purworejo.

Ia beralasan bahwa, sebagai orang Jawa tidak ingin 'nggege mangsa' (mendahului waktu), hal itu dilakukan karena ingin fokus mengemban amanah sebagai Bupati Purworejo. Yuli lebih mengutamakan tugas sebagai pelayan masyarakat, serta menjaga agar Purworejo tetap sejuk, rukun dan kondusif.

"Seiring perjalanan waktu, setelah bermusywarah dengan keluarga dan ihtiar batin, saya harus mengambil keputusan. Saya ingin menyatakan pernyataan sikap politik. Saya juga menghaturkan terima kasih pada Ketum Golkar Bapak Airlangga Hartarto, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah Bapak Ir Panggah Susanto yang telah iklas memberikan kepercayaan untuk menunjukkan kemampuan saya baik di organisasi partai dan di eksekutif. Maka dengan memohon Ridho Allah SWT, Tuhan YME dan memohon doa restu serta dukungan Ketua DPD Jateng, sesepuh, pengurus Partai Golkar serta masyarakat Purworejo, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Hari ini, Senin, 26 Juni 2024, saya, Yuli Hstuti, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purworejo menyatakan sikap, tekad bersedia dan siap mencalonkan diri sebagai Bupati Purworejo," kata Yuli yang disambut 660 kader Partai Golkar yang hadir.

Ia kemudian membeberkan kerja politik yang telah dilakukannya. Selama ini pihaknya telah masif berkomunikasi dengan Parpol yang ada di Kabupaten Purworejo. Juga telah membuat program penggalangan mulai dari level kabupaten hingga akar rumput.

Usai Rakor, Yuli juga masih enggan mengatakan apakah ia akan segera memasang alat peraga sosialisasi berupa baliho atau banner seperti yang kandifat calon lain lakukan.

"Untuk memasang gambar alat peraga sosialisasi, kami berembuk dulu dengan tim. Saya kan punya tim juga," tutur Yuli Hastuti.

Sementara itu, dalam orasi politiknya di hadapan skeitar 660 kader, Ir Panggah Susanto memuji bahwa, Golkar Kabupaten Purworejo sungguh luar biasa.

"Golkar Purworejo ini luar biasa, tidak banyak daerah lain yang seperti ini. Saya sudah keliling di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, hanya sedikit yang eksistaensinya luar biasa seperti Purworejo. Tentu saja eksistenis Partai Golkar sudah teruji. Jangan sampai salah langkah, salah menyikapi, sehingga apa yang telah dicapai bisa 'gumpil' (Bahasa Jawa yang artinya kurang lebih, rusak sedikit di bagian pinggir)," kata Panggah.

Ia pun berjanji akan sekuat dan semampunya ikut menjaga kondusivitas partainya.

"Ada 3 orang yang mendapat surat tugas yakni Bu Yuli Hastuti, Pak Heru (Sekretaris DPD Golkar Purworejo) dan Imam Teguh Purnomo (Ketua AMPG Jateng/Ketua Fraksi Golkar DPRD Jateng). Silakan menyosialisasikan diri, pasang gambar, komunikasi dengan parpol lain," kata Panggah.

Ia juga menyebut bahwa rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk Bakal Calon kepala daerah akan turun pada Bulan Agustus 2024.

202